• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN PANCURAN 2 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Maudy Claudia Pratiwi 130210204115.pdf sdh.pdf (4.777Mb)
    Date
    2017-10-25
    Author
    Pratiwi, Maudy Claudia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Standar Kompetensi (SK) dalam Kurilukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester 2 mengharapkan siswa dapat menuangkan pikiran, perasaan, ide, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan sederhana. Kompetensi Dasarnya adalah menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan ejaan. Adapun indikator yang hendak dicapai, ialah siswa mampu menyusun karangan narasi dengan menggunakan ejaan yang baik dan benar. Untuk itu kompetensi siswa dalam keterampilan menulis karangan cukup diperlukan. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancuran 2 Bondowoso diperoleh informasi bahwa ada beberapa permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis karangan narasi. Siswa masih kesulitan menyusun karangan, masih banyak siswa menggunakan kata baku dalam menulis, dan kurang memperhatikan ejaan dalam menulis karangan narasi. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa untuk membaca buku sehingga kurangnya pembendaharaan kata dan kurang bervariasinya guru dalam menjelaskan pembelajaran di dalam kelas, sehingga siswa mudah bosan dan tidak semangat dalam pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa ialah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Model pembelajaran ini dipilih karena dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Dengan model pembelajaran TPS siswa bisa saling berdiskusi dan saling membantu satu sama lain, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82631
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository