• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) FISIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE SKILLS SISWA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Ayu Puspita - 120210102088.pdf sdh.pdf (7.651Mb)
    Date
    2017-10-25
    Author
    Puspita, Ika Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar fisika yang digunakan di sekolah sebaiknya tidak hanya menyajikan produk saja tetapi harus menyertakan proses dalam pembelajaran fisika agar siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga siwa dapat mengembangkan keterampilannya. Seperti yang tercantum dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif meningkatkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengembangkan keterampilan yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa). Keterampilan yang dibutuhkan bagi siswa pada abad 21 salah satunya yaitu collaborative skills. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan penelitian pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dapat meningkatkan keterampilan siswa berupa collaborative skills. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menguji validitas, mendeskripsikan peningktan collaborative skills, respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) fisika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan collaborative skills siswa di SMA pada materi hukum Hooke dan elastisitas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain model 4-D (define, design, develop, dan destimintate) oleh Thiagarajan,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82610
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository