• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIS SEDERHANA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    M. Syaiful Rizal Wicaksono 120210102122_.pdf (1.631Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    WICAKSONO, M. Syaiful Rizal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika erat kaitannya dengan kejadian-kejadian alam dan penerapan atau aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran tidak hanya tentang aspek kognitif saja, namun aspek keterampilan aplikasi konsep dalam bentuk memanfaatkan teknologi disekitar sangatlah penting untuk dikembangkan, hal ini mengharuskan siswa aktif dalam proses pembelajarannya. Namun pembelajaran yang sering digunakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga peran aktif siswa sangat terbatas. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa mampu mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, dan membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajarannya. Salah satu model pembelajaran yang cocok dengan hal tersebut adalah model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains siswa. (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengaruh yang diharapkan dari penelitian ini adalah keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMAN Pakusari yang terdiri dari tujuh kelas yaitu kelas X-MIPA 1 – X-MIPA 5. Dokumentasi yang digunakan untuk uji homogenitas adalah ulangan harian materi fisika momentum, impuls, dan tumbukan semester genap tahun pelajaran 2016-2017. Sampel yang homogen, kemudian dilakukan uji cluster random sampling terhadap tujuh kelas untuk diambil dua kelas sebagai sampel peneitian. Sampel penelitian adalah kelas X-MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 dan kelas XMIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36. Dalam penelitian ini, materi pelajaran yang digunakan adalah getaran harmonis sederhana dengan pokok bahasan periode, frekuensi, simpangan, kecepatan, percepatan, dan energi pada getaran harmonis sederhana. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji Mann-whitney test menyatakan bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan skor keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 87,17 dan rata-rata keterampilan proses sains kelas kontrol sebesar 79,47. Sedangkan hasil uji Independen Sample t-test menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan skor hasil belajar afektif kelas eksperimen memiliki rata-rata 90,25 dan kelas kontrol memiiki rata-rata 83,17. Hasil belajar kognitif melalui post-test siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 73,61 dan ratarata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 65,79. Berdasarkan data diatas, maka dapat disimpulkan yaitu: (1) model pembelajaran sains teknologi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN Pakusari. (2) model pembelajaran sains teknologi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN Pakusari .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82520
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository