PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE DEMONSTRASI INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 2 KALISAT TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Observasi  awal  yang  dilaksanakan  pada  tanggal  23  September 2011  di 
Kelas  IX-D SMP  Negeri  2  Kalisat,  ditemukan aktivitas  belajar  siswa  yang 
tergolong  rendah  yaitu  dengan  persentase  skor  rata-rata  aktivitas  belajar  siswa  
sebesar 32,3 %. Selain itu, ketuntasan hasil belajar fisika siswa juga rendah yaitu 
hanya  36,6  % siswa yang dinyatakan  tuntas. Rendahnya aktivitas dan ketuntasan 
hasil  belajar  fisika  siswa  dikarenakan  pendekatan  dan  metode  yang  digunakan 
guru  dalam  kegiatan  pembelajaran  kurang  tepat.  Guru  sering  kali  hanya 
menggunakan pendekatan teacher centered dengan metode ceramah. Oleh karena 
itu, dibutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran tersebut dengan 
menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian 
adalah  untuk  mendeskripsikan peningkatan  aktivitas  dan  ketuntasan  hasil  belajar 
fisika siswa.
Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran 
melalui  pendekatan  contextual  teaching  and  learning (CTL)  dengan  metode 
demonstrasi  interaktif. Pendekatan  CTL  dengan  metode  demonstrasi  interaktif 
adalah  pembelajaran  berbasis  kontekstual  yang  mendorong  siswa  untuk 
mengkonstruksikan  pengetahuan  yang  mereka  peroleh  dengan  lebih  bermakna. 
Pembelajaran  dengan  pendekatan  CTL  meliputi 7  komponen  penting  yang harus 
terlaksana dalam kegiatan pembelajaran yaitu; konstruktivisme, inkuiri, bertanya, 
masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Kegiatan 
pembelajaran  dilaksanakan  dengan  metode  demonstrasi  interaktif. Metode 
demonstrasi  interaktif  merupakan metode  demonstrasi  dengan menerapkan  prinsip pembelajaran interaktif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di 
kelas. 
Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan subyek  penelitian 
kelas  IX-D SMPN  2  Kalisat semester  ganjil  tahun  ajaran  2011/2012.  Kegiatan 
penelitian dimulai tanggal 07 Nopember 2011 dan berakhir tanggal 28 Nopember 
2011.  Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi,  wawancara, 
dokumentasi,  dan  tes.  Data  yang  didapatkan  adalah  data  aktivitas  belajar  siswa 
dan  hasil  belajar  fisika  siswa  pada pra  siklus,  siklus  1, dan  siklus  2 serta  hasil 
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Hasil  analisis kegiatan  observasi didapatkan  bahwa  besarnya  persentase 
rata-rata aktivitas  belajar  siswa  meningkat  dari  pra  siklus,  siklus  1,  dan  siklus  2 
secara  berturut-turut  pada  pra  siklus  sebesar  22,29 %  , 57,5 % dan  69,58  %
aktivitas  belajar  siswa.  Ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  juga  mengalami 
peningkatan  dari  45%  pada  pra siklus  menjadi  77,5  %  pada  siklus  1  dan 87,5  % 
pada siklus 2. Dengan demikian aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa 
mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.
Berdasarkan hasil  di  atas  menunjukkan  pendekatan  contextual  teaching 
and  learning (CTL)  dengan  metode  demonstrasi  interaktif dapat  digunakan 
sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan 
hasil belajar fisika siswa.
