HUBUNGAN ANTARA PERMAINAN LEGO DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH JEMBER
Abstract
Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh potensi dan kecerdasan serta dasar-dasar perilaku seseorang telah terbentuk pada usia ini. Pemberian stimulasi yang tepat pada masa ini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak pada masa selanjutnya. Anak dan permainan merupakan dua pengertian yang hampir tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Oleh karena itu, permainan merupakan rangsangan yang tepat bagi anak-anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara permainan lego dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara permainan lego dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Manfaat teoritis dalam penelitian ini yaitu diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan informasi bagi pengembangan penelitian di bidang pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini yang mengkaji tentang penerapan permainan lego dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini, sedangkan manfaat praktis yaitu dapat menambah pengetahuan dan dijadikan sebagai pengembangan pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam mengasah kemampuan kognitif anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai penelitian adalah Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember dengan berdasarkan teknik purposive area. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subjek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember