PROSEDUR PELAYANAN CONCIERGE ATTENDANT TERHADAP TAMU DI HOTEL JW MARRIOTT SURABAYA
Abstract
Dalam dunia pariwisata perlu adanya sarana dan prasarana penunjang agar kegiatan pariwisata dapat
berjalan baik dan optimal. Hotel dan jenis akomodasi lainnya merupakan salah satu sarana penunjang
pariwisata yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh wisatawan terutama wisatawan yang berasal dari
luar daerah. Saat ini hotel berkembang cukup pesat terutama di perkotaan yang banyak wisatawan
datang dengan tujuan bisnis maupun sekedar liburan. Untuk dapat menjadi hotel pilihan pengunjung
atau wisatawan tidaklah mudah terutama pada hotel berbintang, perlu adanya kualitas dalam segi
tampilan serta pelayanan. Fasilitas yang lengkap serta pelayanan yang profesional menjadi modal
utama dalam menarik tamu.
Di hotel JW Marriott Surabaya Concierge berada dalam bagian departemen front office yang memiliki
tugas dan tanggung jawab sendiri. Concierge harus paham dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai
hotel dan area di luar hotel. Dari sini tamu sudah bisa memberikan penilaian mengenai pelayanan
yang diberikan oleh hotel. Concierge sendiri dibagi menjadi empat bagian yaitu valet, doorman,
airport representative dan concierge attendant.
Prosedur pelayanan concierge attendant di JW Marriott Surabaya sangatlah kompleks, Mulai dari
prosedur menyambut tamu, prosedur menangani barang bawaan tamu baik saat check in maupun check out,
prosedur pindah kamar, prosedur penitipan barang bawaan hingga prosedur pendistribusian koran.
Dengan dilaksanakannya prosedur pelayanan terhadap tamu tentu hal ini akan menjadi modal yang
sangat penting dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal,
sehingga tamu yang datang berkunjung maupun yang menginap di hotel merasa puas akan fasilitas serta
pelayanan yang diberikan oleh hotel.