PENGARUH MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTIONS) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Materi Momentum dan Impuls Kelas X MAN 1 Jember)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil
belajar siswa masih ada yang di bawah KKM. Hal ini disebabkan proses
pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam
pembelajaran. Materi yang disampaikan oleh guru sering menggunakan model
pembelajaran langsung (direct instructions) dengan menggunakan metode
ceramah, diskusi dan penugasan sehingga membuat siswa pasif dalam
pembelajaran. Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat membuat siswa menjadi
aktif perlu menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
pembelajaran fisika, yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dan
menyusun pengetahuannya sendiri.
Penerapan model PBI (Problem Based Instructions) disertai media
audiovisual diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini
yaitu 1) Mengkaji pengaruh model PBI (Problem Based Instructions) disertai media
audiovisual terhadap keterampilan proses sains siswa dan 2) Mengkaji pengaruh
model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual terhadap hasil
belajar siswa.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di MAN 1 Jember pada tanggal 25
April sampai dengan 17 Mei 2017. Subyek populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Jember, dengan sampel yaitu kelas X MIA 2
sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Data yang
diambil yaitu skor keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan tes tulis pada akhir pembelajaran. Pengujian
hipotesis dilakukan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan
SPSS versi 23.
Hasil Uji Independent Sample T-Test terhadap keterampilan proses sains
siswa yaitu H0 ditolak yang berbunyi keterampilan proses sains siswa kelas
eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sedangkan uji Independent Sample T-Test
terhadap hasil belajar siswa yaitu H0 ditolak yang berbunyi nilai rata-rata hasil
belajar siswa kelas ekperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis
tersebut maka dapat disimpulkan: 1). Model PBI (Problem Based Instructions)
disertai media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa
kelas X MAN 1 Jember, 2). Model PBI (Problem Based Instructions) disertai media
audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Jember.