• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD STRUCTURE DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH UNTUK SISWA KELAS III SDN GEBANG 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Diniawati Fitria_1.pdf (169.6Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Ika Diniawati Fitria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash pada siswa kelas III SDN Gebang 04 Tahun Pelajaran 2011-2012?; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash pada siswa kelas III SDN Gebang 04 Tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash; (2) untuk meningkatkan ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gebang 04 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus. Pada 2 siklus tersebut dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan belajar, berturut-turut menggunakan rumus: n E . %100x N ix A Pa dan %100x N Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II secara berurutan yaitu 56,53% (kategori aktif) dan 80,44% (kategori sangat aktif). Dari analisis data hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal dan individu yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 56,52% (kategori belum tuntas secara klasikal) dengan 13 siswa belum tuntas; siklus I sebesar 78,26% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 5 siswa belum tuntas; dan siklus II sebesar 91,3% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil analisis data tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash mengalami peningkatan; (2) ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash menjadi meningkat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah: a) bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang maksimal; b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan; c) bagi lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Gebang 04.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8219
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository