• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DISERTAI TEKNIK LEARNING JOURNALS DI KELAS X SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ainul Safitri - 130210102090_.pdf (9.193Mb)
    Date
    2017-10-18
    Author
    SAFITRI, Ainul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis rekapitulasi data persentase aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata aktivitas belajar secara keseluruhan sebesar 82,9% yang tergolong kriteria sangat aktif. Hal ini sesuai dengan penelitian Sutrisna (2015), bahwa model guided inquiry meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata dalam kategori aktif dan Kartono (2011), menyatakan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dengan menerapkan teknik learning journals termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil analisis data sikap ilmiah diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,031. Karena p (signifikansi)  0,05 atau Sig. (1-tailed) = 0,0155 ≤ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,039. Nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0195 ≤ 0,05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diperoleh kesimpulan antara lain: 1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals di kelas X SMA termasuk dalam kriteria sangat aktif, 2) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA, 3) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82189
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository