• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DENGAN PENERAPAN TEAM TEACHING POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 03 JENGGAWAH

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Damayanti_1.pdf (332.2Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    IKA DAMAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak peserta didik merasa kesulitan mencerna materi yang disampaikan oleh pendidik. Hal ini akan berdampak pada menurunnya minat mereka untuk mempelajari matematika dan berakibat pada menurunnya hasil belajar peserta didik. Dengan demikian guru diharapkan dapat mengelola pembelajaran dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih tepat dan sesuai, agar dapat menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Tujuan dari penelitian ini adalah: kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada keliling dan luas segitiga siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah. Data penelitian adalah data kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan tindakan pada siklus 1 dan 2 pada tanggal 23 November sampai 9 Desember 2011, diperoleh hasil bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada penelitian ini diawali dengan tahap persentasi oleh guru yang tergabung dalam team teaching dengan menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan kerja kelompok dalam menyelesaikan masalah pada lembar kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan persentasi kelompok setelah lembar kerja telah selesai dikerjakan. Setelah persentasi dilaksanakan maka masing masing siswa akan diberikan kuis secara individual. Skor perkembangan dihitung berdasarkan hasil kuis dan nilai dasar. Setelah itu, guru Berdasarkan tindakan siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa ada peningkatan persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 9,02% yaitu dari 75,67% menjadi 84,59%. Persentase rata-rata aktivitas guru Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Jatisari 03 Jenggawah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8217
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository