KINERJA PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN RETAILING MIX PADA BISNIS RITEL DI KABUPATEN JEMBER
View/ Open
Date
2013-12-11Author
DEASY WULANDARI
IKA BAROKAH, SURYANINGSIH
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan bisnis ritel di Jember dewasa ini sangat pesat. Persaingan yang
semakin ketat menuntut pihak pemasar yaitu pengusaha bisnis ritel untuk
memberikan kepuasan kepada konsumennya melalui pengembangan bauran ritel
Rumusan masalah yang diajukan adalah : bagaimanakah kinerja pemasaran bisnis
ritel dilihat dari pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan konsumen di Kabupaten
Jember, seberapa besar pengaruh bauran ritel terhadap kepuasaan konsumen, baik
secara simultan maupun parsial, unsur bauran ritel manakah yang paling
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada bisnis ritel di Kabupaten Jember
serta bagaimanakah mengembangkan bauran ritel pada bisnis ritel di Kabupaten
Jember. Dalam penelitian ini mengukur variabel independen yaitu barang dagangan
(Xl), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), fasilitas fisik (X5), dan Pelayanan
(X6)) terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Uji validitas dan
reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable. Hasil penelitian
ini adalah : variabel barang dagangan (merchandislrg), harga Qtrice), lokasi
(location), promosi Qtromotion), fasilitas ffacility), dan pelayanan (service)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Oleh karena itu pemasar
harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja pemasarannya melalui
peningkatan variabel bauran ritel pada bisnis ritel yang dijalankannya.