MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GUNUNGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Kemampuan berhitung adalah salah satu aspek dari pengembangan
kognitif. Dasar-dasar berhitung anak usia dini yaitu mengenal angka, bilangan,
dan pengoperasian. Untuk mengembangkan kemampuan berhitung dapat dilalui
dengan bermain, salah satunya dengan bermain permainan tradisional gunungan.
Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa dari 11 siswa hanya 4
anak yang bisa berhitung dengan baik, sedangkan 7 anak masih belum memiliki
kemampuan yang baik dalam hal tersebut. Penyebab yang mendasari kemampuan
berhitung anak belum berkembang secara optimal yaitu kegiatan pembelajaran
yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga anak menjadi bosan. Guru hanya
menggunakan media kartu angka dan mengerjakan majalah, untuk itu perlu
adanya variasi penggunaan kegiatan pembelajaran yang lain yang menarik untuk
meningkatkan kemampuan berhitung anak. Kegiatan yang dimaksud adalah
kegiatan berhitung melalui permainan tradisional gunungan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan permainan tradisional
gunungan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A TK
Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017?; dan (2) bagaimanakah meningkatkan kemampuan berhitung anak
kelompok A melalui permainan tradisional gunungan di TK Siswa Budhi
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1)
mendeskripsikan penerapan permainan tradisional gunungan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A di TK Siswa Budhi Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan
kemampuan berhitung melalui permainan tradisional gunungan pada anak
kelompok A di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun
pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah
11 anak, yang terbagi atas 7 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan desain PTK. Setiap
siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Proses penerapan permainan tradisional gunungan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A di TK Siswa Budhi tahun pelajaran
2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru
menunjukkan bidang permainan tradisional gunungan pada anak didepan kelas,
kemudian guru (peneliti) menjelaskan dan mendemonstrasikan cara bermain
permainan tradisional gunungan, guru meminta anak untuk memperhatikan
penjelasan guru, kamudian guru meminta anak untuk bermain permainan tradisional gunungan seperti dijelaskan oleh guru. Pelaksanaan pada siklus II
hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan
yang ada pada siklus I. Peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok A TK
Siswa Budhi tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata
kelas pada pra siklus 56,81, siklus I 70,49, dan siklus II meningkata menjadi
89,20.
Saran yang dapat disampaikan yaitu, jika menggunakan permainan
tradisional gunungan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, bahan
yang digunakan bisa karpet, spons, dll yang membuat anak nyaman dan tertarik,
dan dalam pembuatan gucunya bisa menggunakan bahan kertas karton atau mika
yang tebal, sehingga dalam melempar anak leibh mudah.