PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEDAI KULINER MISTER TE JEMBER
Abstract
Salah satu usaha kuliner yang kreatif dan inovatif di Jawa Timur, terdapat
sebuah kedai kuliner di Jember yakni kedai kuliner Mister Te. Kedai yang
beralamatkan di Jalan Tawang Mangu no. 62 B, Tegal Gede – Jember. Produk
makanan utama yang dijual yaitu mie ayam jamur dan bakso gulung yang terbuat
dari bahan baku MOCAF (Modified Cassava Flour) yang dikreasikan dengan rasa
original dan pedas. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis
pengaruh citra merek (X1), persepsi kualitas (X2) dan harga (X3) terhadap
keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian
kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi,
dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya
akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kuliner Mister Te
Jember yang datang dan melakukan pembelian dalam kurun waktu yang
ditentukan peneliti dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya,
dimana peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Alat analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien dari
analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: 1) variabel citra merek (X1)
berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai
kuliner Mister Te, 2) variabel persepsi kualitas (X2) berpengaruh secara parsial
terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te, 3)
variabel harga (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan
pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te, 4) variabel citra merek (X1), variabel
persepsi kualitas (X2) dan variabel harga (X3) berpengaruh secara simultan
terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada kedai kuliner Mister Te.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah adanya pengaruh citra
merek, persepsi kualitas, dan harga baik secara parsial maupun simultan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek
merupakan variabel yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen. Namun harga merupakan variabel yang memiliki tingkat
pengaruh yang rendah terhadap keputusan pembelian konsumen pada kedai
kuliner Mister Te Jember. Dengan demikian maka citra merek yang paling
berpengaruh terhadap keputusan pembelian di kedai kuliner Mister Te Jember.
Hal ini menunjukkan bahwa alasan utama keputusan konsumen untuk melakukan
pembelian di kedai kuliner Mister Te Jember lebih melihat citra merek
dibandingkan harga meskipun sama-sama menujukkan nilai yang signifikan.