PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran Matematika di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan masih
dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar matematika pada
siswa kelas V, dikarenakan guru jarang memberikan tugas kelompok pada siswa,
materi diajarkan berdasarkan buku dan bukan dari pengalaman siswa, pemanfaatan
indera siswa masih kurang dimaksimalkan, dan guru kurang memberikan penguatan
serta pujian kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyan guru. Berdasarkan data
tersebut perlu adanya inovasi terhadap pembelajaran matematika, salah satunya
dengan menerapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization,
Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization,
Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dalam meningkatkan hasil belajar
pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Dukuhdempok 03
Wuluhan Jember semester gasal tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada semester gasal tahun pelajaran
2011/2012. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Dukuhdempok 03 Wuluhan dengan
jumlah siswa kelas V sebanyak 21 siswa terdiri atas 10 laki-laki dan 11 perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian
dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Model penelitian
tindakan menggunakan model berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang
berikutnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan
data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari data hasil post-test tiap siklus
diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa pada nilai sebelum tindakan persentase
ketuntasan klasikal adalah 42,85% (tidak tuntas), pada siklus I meningkat menjadi
52,38% (tidak tuntas), dan siklus II menjadi 95,23% (tuntas). Jadi kesimpulannya
bahwa melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran Somatic, Auditory,
Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan
hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan.
Agar penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization,
Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan berjalan maksimal, maka guru
hendaknya mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara matang sebelumnya,
memperhatikan pengelolaan kelas dan harus menguasai materi yang akan
disampaikan. Selain itu, guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi
pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi
yang disampaikan. Penggunaan model pembelajaran SAVI hendaknya ditunjang
dengan fasilitas pendukung yang diperlukan misalnya media pembelajaran yang
sesuai dan menarik agar proses pembelajaran dapat berlangsung optimal.