PROSEDUR PELAKSANAAN ADMINISTRASl KEUANGAN PROGRAM DANA PENSIUN PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
1. Pelaksanan administrasi program pensiun oleh PT. TASPEN (Persero) cabang Jember pada pokoknya meliputi :
a. Peserta diwajibkan mengisi formulir yang tersedia sesuai dengan kegunaannya. Hal ini dilakukan agar pihak PT. TASPEN memperoleh data pribadi peserta dengan lengkap dan benar
b. Data pada formulir diteliti kebenarannya dan keabsahannya kemudian diproses dan dicatat pada lembar perhitungan hak yang berisikan perincian hak pensiun, tunjangan dan potongan-potongan
c. Proses pembuatan lembar perhitungan hak selesai maka pihak taspen membuat kartu pembayaran pensiun dan KARIP melalui aplikasi komputer yang telah diprogram
d. Proses dibagian pelayanan selesai lalu diteruskan kebagian keuangan untuk melakukan pembayaran
2. Adanya perbedaan antara otoritas dan pengesahan pembayaran yaitu petugas otorisator dalam hal ini adalah kabid pelayanan, sedangkan pengesahan pembayaran adalah kabid keuangan
3. Pencatatan atau pembukuan yang dilakukan terhadap transaksi yang terjadi baik buku harian maupun buku rekap dilakukan setiap hari untuk memudahkan pencatatan yang berdasarkan atas voucher-voucher yang ada
4. Setiap transaksi yang terjadi baik transaksi penerimaan maupun transaksi pengeluaran kas/bank/pos memakai voucher sebagai alas bukti yang disyahkan
5. Pencatatan yang digunakan setiap hari oleh PT. TASPEN (Persero) cabang Jember yaitu buku harian kas, buku harian bank, buku harian pos dan buku harian memorial
Collections
- DP-Financial Accounting [181]