PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK WISATA PADA BIRO PERJALANAN WISATA DUTA PATRIA DI JEMBER
Abstract
lndustri pariwisata di era globalisasi ini di tinjau dari sudut pandang perekonomian di akui sebagai industri yang penting, ini disebabkan karena sebagian besar devisa negara Indonesia dihasilkan oleh sektor pariwisata, sehingga sektor ini dijadikan salah saw sektor andalan yang mampu menggerakkan roda perekonomian negara kita di samping sektor-sektor lain yang terkait sehingga di harapkan dapat membuka lapangan kerja, kesempatan berusaha, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah serta meningkatkan devisa negara (Undang-Undang Republik Indonesia no:9 tahun 1990 tentang kepariwisataan), bahkan telah tercantum di dalam GBHN bahwa pariwisata sebagai integral dad pembangunan nasional. pengembangan dan pembangunan pariwisata perlu di tingkatkan secara menyeluruh dan terpadu dengan sektor-sektor lainnya, tidak terkecuali usaha-usaha yang kecil, menengah maupun yang besar agar nantinya dapat saling menunjang antara satu dengan yang lain. Untuk itu perlu diadakan pengarahan dan perencanaan yang matang dalam pembangunan obyek-obyek ivvisata serta promosi dan pemasarannya, selanjutnya perlu di tingkatkan pendidikan dan pelatihan dan penyediaan sarana dan prasaran serta inutu dan kualitas pelayanan lebili ditingkatkan.
Perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat dan canggih para konsumenpun semakin bebas dalam menentukan pilihannya, dengan demikian yang terpenting adalah kemampuan perusahaan untuk menciptakan nilai beli tambah bagi pelanggannya. Untuk itu pelayanan dan pendekatan kepada konsumen perlu di tingkatkan lagi supaya konsumen lebih loyal dan percaya perusahaan, tujuan ini dapat dicapai bila kebutuhan mereka dapat terpenuhi dan terpuaskan. Pariwisata merupakan sektor yang potensial sebagai titik pengembangan ekonomi, untuk itu sektor pariwisata di jadikan sebagai pendukung pembangunan nasional