Meningkatkan kemampuan mengembangkan kalimat utama siswa kelas II-C SMUN 3 jember melalui pola latihan berjenjang.
Abstract
Rata rata kemampuan mengembangkan kalimat utama siswa kelas II-C SMUN 3 jembertahun pelajaran 2001-2002masuk katagori cukup pada siklus I (6,31)dan baik pada siklus II(7,72) .Ini berarti bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan yakni rata rata 6,31 pada siklus I menjadi 7,72 pada siklus II.Demikian juga bila dibandingkan dengan hasil prasiklus ,rata rata kemampuan siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ,yakni dari rata rata 4,71 pada prasiklus menjadi 6,31 pada siklus I dan 7,72 Pada siklus II.Dengan demikian dapat di katakan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan kalimat utama menjadi peragraf dapat ditingkatkan melalui pola latihan berjenjang.