• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B4 MELALUI TARI TRADISIONAL BERBURU DI TK KARTIKA IV/73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    OKTAVIA MARGARET_1.pdf (3.145Mb)
    Date
    2017-08-30
    Author
    MARGARET, OKTAVIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan mengunakan anggota tubuh secara terampil untuk memecahkan masalah, menciptakan produk atau mengemukakan gagasan perasaan dan emosi.Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik pada anak adalah kegiatan menari.Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa terdapat 10 anak dari 16 anak yang kemampuan kinestetiknya belum tercapai dengan optimal.Penyebap yang mendasari kecerdasan kinestetiknya belum berkembang secara optimal yaitu pada saat kegiatan menirukan gerakan binatang masih banyak anak yang belum mau menirukan dan kurang serius dalam melakukan kegiatan.Ada anak yang hanya berdiri dan melihat temanya tetapi tidak mengerakan tubuhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan tari tradisional berburu dalam pembelajaran.Masalah yang dirumuskan dalam masalah ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan kegiatan seni tari tradisional untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B4 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 ?; 2) bagaimanakah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 melalui kegiatan seni tari tradisional di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan penerapan kegiatan seni tari tradisional untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 melalui tari tradisional di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.Subjek penelitian yaitu anak kelompok B4 berjumlah 16 anak, terdiri atas 8 anak perempuan dan 8 anak lakilaki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan model penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penerapan tari tradisional berburu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Siklus I dilakukan di dalam ruangan tertutup di aula sekolah.Kemudian guru mendemontrasikan tari tradisional berburu pada anak dan anak-anak mengikutinya bersama guru. Pada kegiatan siklus I ini terkendala dengan ruangan yang sempit sehingga ruang gerak anak terbatas. Dalam Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi siklus II ditambahkan perbaikan pada rencana yang ada pada siklus I. dan kegiatan menari dilakasanakan di luar ruangan yaitu di lapangan sekolah Peningkatan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 TK Kartika IV/73 Jember dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,75%, siklus I 69,53%, dan siklus II meningkat menjadi 87,10%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan tari tradisional berburu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 TK Kartika IV/73 Jember Tahun pelajaran 2016/2017.Saran bagi guru d. dalam menerapkan kegiatan menari hendaknya mengunakan media agar anak-anak lebih tertarik dalam melakukan kegiatan menari. Bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat diinformasikan kepada guru-guru untuk dijadikan alternatif untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81571
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail