PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B4 MELALUI TARI TRADISIONAL BERBURU DI TK KARTIKA IV/73 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan mengunakan anggota tubuh
secara terampil untuk memecahkan masalah, menciptakan produk atau
mengemukakan gagasan perasaan dan emosi.Salah satu kegiatan yang dapat
dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik pada anak adalah kegiatan
menari.Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa terdapat 10 anak
dari 16 anak yang kemampuan kinestetiknya belum tercapai dengan
optimal.Penyebap yang mendasari kecerdasan kinestetiknya belum berkembang
secara optimal yaitu pada saat kegiatan menirukan gerakan binatang masih banyak
anak yang belum mau menirukan dan kurang serius dalam melakukan
kegiatan.Ada anak yang hanya berdiri dan melihat temanya tetapi tidak
mengerakan tubuhnya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan
menerapkan tari tradisional berburu dalam pembelajaran.Masalah yang
dirumuskan dalam masalah ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan kegiatan seni tari
tradisional untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B4 di
TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2016/2017 ?; 2) bagaimanakah meningkatkan kecerdasan kinestetik anak
kelompok B4 melalui kegiatan seni tari tradisional di TK Kartika IV/73
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah; 1)
mendeskripsikan penerapan kegiatan seni tari tradisional untuk meningkatkan
kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 di TK Kartika IV/73 Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4 melalui tari tradisional di TK Kartika
IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.Subjek penelitian yaitu anak
kelompok B4 berjumlah 16 anak, terdiri atas 8 anak perempuan dan 8 anak lakilaki.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan mengunakan model penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap
yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian ini mengunakan metode
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis
data kualitatif.
Penerapan tari tradisional berburu untuk meningkatkan kecerdasan
kinestetik anak dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Siklus I
dilakukan di dalam ruangan tertutup di aula sekolah.Kemudian guru
mendemontrasikan tari tradisional berburu pada anak dan anak-anak
mengikutinya bersama guru. Pada kegiatan siklus I ini terkendala dengan ruangan
yang sempit sehingga ruang gerak anak terbatas. Dalam Pelaksanaan pada siklus
II hampir sama dengan siklus I akan tetapi siklus II ditambahkan perbaikan pada
rencana yang ada pada siklus I. dan kegiatan menari dilakasanakan di luar ruangan
yaitu di lapangan sekolah Peningkatan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4
TK Kartika IV/73 Jember dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada
pra siklus 58,75%, siklus I 69,53%, dan siklus II meningkat menjadi 87,10%.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan tari
tradisional berburu dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B4
TK Kartika IV/73 Jember Tahun pelajaran 2016/2017.Saran bagi guru d. dalam
menerapkan kegiatan menari hendaknya mengunakan media agar anak-anak lebih
tertarik dalam melakukan kegiatan menari. Bagi kepala sekolah hasil penelitian
dapat diinformasikan kepada guru-guru untuk dijadikan alternatif untuk
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak