UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA PELAJAR SMAN 1 BANTUL TENTANG PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN INTERVENSI CBIA-NARKOBA
Abstract
Latar Belakang: Pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja dapat dilakukan
dalam seting sekolah. Intervensi yang berdasarkan bukti ilmiah menjamin efektivitas
metode. CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) adalah metode pendidikan masyarakat yang
berorientasi pada peran aktif peserta didik. Metode ini terbukti dapat meningkatkan
pengetahuan kesehatan pada masyarakat. CBIA-Narkoba yang dimodifikasi dari CBIA
diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pelajar SMA untuk menolak narkoba.
Tujuan penelitian: adalah untuk meningkatkan pengetahuan pelajar SMAN 1 Bantul
untuk menolak narkoba.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan
rancangan pretest – posttest control group design. Tiga puluh responden untuk kelompok
CBIA-Narkoba dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Hubungan antara variabel
penelitian dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank dan Mann Whitney dengan taraf
kepercayaan 5%.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada
pretest dan posttest 1 rerata nilai pengetahuan pada kelompok CBIA-Narkoba (p<0,05).
Kesimpulan dari penelitian adalah CBIA-Narkoba mampu meningkatkan pengetahuan
untuk menolak narkoba. Konsistensi peningkatan pengetahuan terjaga selama 3 minggu
setelah intervensi.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]