Kemampuan Siswa Kelas II SLTP 7 Jember Memahami Makna dan Bentuk Sinonim serta Homonim dalam Kalimat Bahasa Indonesia
Abstract
Adanya ciri khas pada bentuk dan makna sinonim, homonim serta peranan sinonirn dan homonim dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia membuat ketertarikan penulis untuk menelitinya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah.
(1) bagaimanakah kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim,
(2) bagaimanakah kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim,
(3) bagaimanakah kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripstkan:
(1) kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia,
(2) kemampuan siswa memahami bentuk sinonim dan homonim dalam kalimat bahasa Indonesia,
(3) kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dalam penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling yang akhirnya menetapkan SLTP 7 Jernber sebagal lokasi penelitian. Responden responden diambil 18 siswa dari 179 jumlah siswa kelas II, penentuan responden menggunakan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dilengkapl dengan observasi. Analisis data menggunakan cara dipersentasekan.
Hasil analisis data mengenai kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 89,4% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa memahami makna sinonim dan homonim adalah 83,3% yang berarti kemampuan siswa baik, kemampuan siswa menerapkan sinonim dan homonim ke dalam kalimat bahasa Indonesia adalah 88,3% yang berarti kemampuan siswa baik.