• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dita Rahmiwati_1.pdf (6.037Mb)
    Date
    2017-08-18
    Author
    Rahmiwati, Dita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil wawancara di lapangan pembelajaran IPS masih di dominasi oleh guru dalam bentuk metode yang berupa ceramah, penugasan dan diskusi kelompok saja. Hasil dokumen yang didapatkan pada hari Jumat tanggal 11 Januari 2017 menunjukkan bahwa masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: “Apakah penerapan metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017? ”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah siswa kelas VA sebanyak 43 siswa dan kelas VB sebanyak 45 siswa, setelah dilakukan uji homogenitas dan pengundian ditentukan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Perlakuan (treatment) dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember pada tanggal 5 Mei 2017 dan 6 Mei 2017 untuk kelas eksperimen, serta 12 Mei 2017 dan 13 Mei 2017 untuk kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas VB sebagai kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran role playing dan pembelajaran kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Materi yang dikaji dalam penelitian ini adalah peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode role playing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan peristiwa se kitar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Jember Kidul 04 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis t hitung > t tabel (4,130 > 1,980) sehingga Ha diterima. Dilakukan penghitungan keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode pembelajaran role playing bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penghitungan ER diperoleh hasil 36,52 % dengan tingkat keefektifan sedang. Saran yang perlu dipertimbangkan dengan adanya penerapan metode pembelajaran role playing diharapkan dapat menjadi masukan dalam memperbaiki peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan meningkatkan hasil belajar siswa. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan yang lebih baik lagi dari penerapan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran atau materi pembelajaran yang lain
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81311
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository