HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DENGAN PERAWATAN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT BINA SEHAT JEMBER (CORRELATION BETWEEN THE ROLE OF NURSE AS EDUCATOR AND SELF CARE BEHAVIOUR IN PATIENTS WITH TYPE 2 DIABETES MELLITUS AT INTERNAL MEDICINE UNIT OF BINA SEHAT HOSPITAL JEMBER)
Date
2017-08-15Author
Fahra, Rima Ulfa
Widayati, Nur
Sutawardana, Jon Hafan
Metadata
Show full item recordAbstract
Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit kronik yang membutuhkan perawatan diri
secara terus menerus. Edukasi oleh perawat dapat menunjang perilaku perawatan diri
pasien DM tipe 2. Pengetahuan yang baik berdampak pada perawatan diri pasien DM
tipe 2 sehingga dapat dicapai kontrol metabolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisa hubungan peran perawat sebagai edukator dengan perawatan diri pasien
DM tipe 2. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional.
Teknik sampling penelitian ini adalah consecutive sampling dengan sampel sebanyak 63
orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner peran perawat sebagai edukator dan
kuesioner summary of diabetes self care activities (SDSCA). Data dianalisa dengan
menggunakan uji korelasi Spearman. Pada penelitian ini didapatkan nilai rerata peran
perawat sebagai edukator adalah 59,84 dan nilai rerata perawatan diri adalah 3,79. Hasil
uji statistik dengan Spearman rank menunjukkan adanya hubungan signifikan antara peran
perawat sebagai edukator dengan perawatan diri pasien DM tipe 2 (p value = 0,000; r =
+0,851). Nilai korelasi bersifat positif yang berarti semakin baik peran perawat sebagai
edukator maka semakin baik perawatan diri pasien DM tipe 2. Edukasi yang didapatkan
oleh pasien dapat mempengaruhi motivasi pasien sehingga berdampak pada perilaku
perawatan diri. Oleh karena itu menjadi penting bagi perawat untuk memberikan edukasi
pada pasien DM tipe 2 sehingga perawatan diri pasien menjadi optimal.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7297]