• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku Pada Siswa Kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Laily Hidayati - 130210204054.pdf (3.095Mb)
    Date
    2017-08-14
    Author
    Hidayati, Irma Laily
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebabnya yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Seringkali guru hanya menggunakan ceramah dan diskusi dalam pembelajaran, selain itu media yang digunakan juga kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui saat guru menggunakan metode ceramah ada banyak peserta didik yang tidak perhatian pada materi pelajaran, bahkan ada peserta didik yang mengganggu temannya, sedangkan ketika guru mengajar dengan menggunakan metode diskusi, yang aktif dalam kegiatan diskusi ini hanya beberapa peserta didik saja, sedangkan peserta didik lain lebih banyak mengobrol hal-hal diluar pelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui strategi mind mapping tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember semester 2 tahun ajaran 2016/2017?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui strategi mind mapping tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV A yang berjumlah 37 siswa, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan strategi mind mapping dalam pembelajaran. Pelaksanaan penerapan strategi mind mapping dalam pembelajaran tematik integrtif tema indahnya negeriku subtema indahnya alam negeriku berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan strategi mind mapping mengalami peningkatan. Jadi, penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan aktivitas tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan dari 55,86% dalam kategori cukup aktif, menjadi 75,86% dalam kategori aktif, sementara dari siklus I ke siklus II aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75,86% dalam kategori aktif menjadi 83,24% dalam kategori sangat aktif. Penerapan strategi mind mapping ini juga dapat meningkatkan hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan oleh skor hasil belajar siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan dari 65,68 dalam kategori cukup, menjadi 84,75 dalam kategori sangat baik, sementara dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 84,75 dalam kategori sangat baik menjadi 88,03 dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV A SDN Kebonsari 01 Jember. Saran bagi guru adalah diharapkan strategi mind mapping dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan variasi strategi pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan strategi mind mapping agar penerapan strategi mind mapping menjadi lebih baik lagi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository