Rancang Bangun Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Agen Mastrip Jember Menggunakan Metode KMeans Clustering
Abstract
Rancang Bangun Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)
Untuk Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan PT. Tiki Jalur
Nugraha Ekakurir (JNE) Agen Mastrip Jember Menggunakan Metode K-Means
Clustering); Moch Bustommy Maulana, 132410101054; 2017,353 HALAMAN;
Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember.
Tingkat Kepuasan Pelanggan adalah suatu tolak ukur untuk mendapatkan
benefit yang lebih tinggi. Salah satu strategi yang berhubungan dengan penciptaan
kepuasan pelanggan adalah customer relationship management (CRM). Dengan
menerapkan kosep CRM, perusahaan dapat melakukan identifikasi konsumen
dengan melakukan segmentasi konsumen.
Perusahaan jasa pemgiriman baranng PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
(JNE) Agen Mastrip Jember adalah perusahan yang mengalami penurunan
konsumen setelah menjamurnya saingan yang menawarkan jasa lebih baik. Oleh
karena itu dibutuhkan evaluasi terhadap kualitas pelayanan, fasilitas, kesesuain
harga yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui tingkat
kepuasan pelanggan maka dibutuhkan metode untuk menerapkan konsep CRM
untuk mengetahui data respon pelanggan terhadap indikator tersebut menggunakan
kuesioner. Selanjutnya pengolahan data pelanggan dengan metode K-Means
Clustering sebagai algoritma pengelompokan data responden.
K-Means merupakan algoritma clustering dengan mengelompokan data
yang memiliki kriteria yang mirip dengan cara menentukan titik tengah cluster
(centroid). Aplikasi akan mengelola nilai kuesioner dan dijadikan nilai pada
variabel-variabel, kemudian dicari jarak terdekat pada setiap cluster. hasil dari
proses metode K-Means Clusterinng akan menampilkan anggota setiap cluster serta
variabel-variabel yang mempengarui setiap cluster. Terdapat 4 cluster, cluster
pertama sebagai pelanggan yang sangat tidak puas, cluster kedua tidak puas, cluster
ketiga puas dan cluster keempat sebagai pelanggan yang sangat puas. Pengujian
aplikasi menggunakan 100 responden dengan 80 responden merupakan training set
dan 20 responden merupakan test set. Hasil penelitian menunjukan cluster yang
memiliki jumlah anggota terbanyak adalah cluster 3 artinya banyak pelanggan yang
merasa puas. Hasil dari pengujian training set terhadap test set, menunjukan
akurasinya 100% dengan begitu koordinat centroid yang sesuai adalah koordinat
centroid dari cluster pada training set iterasi terakhir.