KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS II SMU NEGERI 2 PARE KEDIRI JAWA TIMUR 1997/1998
Abstract
Kemampuan menyusun kalimat sangkil yang baik dan benar bagi siswa kelas II sangat penting. Hal ini berkaitan dengan kemampuan siswa menyapaikan gagasan-gagasan pikiran dalam bentuk tulisan sebagai sarana pengembangan penalaran untuk mendukung hasil belajarnya. Kenyataan membuktikan siswa yang pandai berbahasa lisan belum tentu mampu berbahasa tulis karena tuntutanya berbeda. Hal ini seharusnya tidak terjadi. Permasalahan yang muncul dalam menyusun kalimat. sangkil siswa SMU adalah bagaimana kemampuan menyusun kalimat sangkil siswa kelas II SMU Negeri 2 Pare Kediri Jawa Timur 1997/1998, dilihat dari segi: (1) kesatuan gagasan; (2) koherensi yang baik dan kompak; (3) penekanan; (4) kevariasian; (5) kesejajaran; dan(6) penalaran atau logika.