• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA KANCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Vinki Erlita Pertiwi - 130210204006.pdf (2.448Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Pertiwi, Vinki Erlita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2016 di kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember, interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa saat pembelajaran masih kurang baik, siswa cenderung individualis, pasif dan pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember, metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, serta penggunaan alat peraga belum optimal. Berdasarkan dokumen hasil ulangan harian matematika kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember secara klasikal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 56,8 dengan kriteria kurang baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3, yaitu: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing untuk pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?; dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan model skema Hopkins. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus I, pada siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan yaitu 1 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus II. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 37 orang siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian ini, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing pembelajaran dapat berjalan baik dari adanya tahap penomoran, berdiskusi, dan pemberian jawaban, meskipun aktivitas bertanya dan berpendapat masih berjalan kurang baik. Namun, bantuan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan memudahkan siswa memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dibuktikan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69,2% (kriteria cukup aktif) menjadi 78,5% pada siklus II (kriteria aktif) dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,8 (kriteria baik) menjadi 80,1 rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (kriteria sangat baik). Saran yang perlu dipertimbangkan dari penelitian ini bagi guru, adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penelitian ini hendaknya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika dengan lebih memotivasi siswa agar berani bertanya dan berpendapat. Bagi pihak sekolah hendaknya mengupayakan adanya pengadaan sarana dan prasarana khususnya alat peraga yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi, serta bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi bacaan untuk dikembangkan dalam penelitian selanjutnya khususnya model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan alat peraga kancing.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80854
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository