• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Sulaihah - 130210302015_.pdf (1.286Mb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    SULAIHAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan sikap percaya diri melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017 dan (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis S. dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian tindakan tiap siklusnya meliputi; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Dari 5 indikator sikap percaya diri dapat disimpulkan peningkatan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar dari pra siklus 56,7% meningkat sebesar 7,03% menjadi 63,73% pada siklus 1 dengan kriteria baik. Siklus 2 mengalami peningkatan dari 63,73% pada siklus 1 meningkat sebesar 6,52% menjadi 70,25% pada siklus 2 dan pada siklus 3 mengalami peingkatan sebesar 8,01% menjadi 78,26% dengan kriteria sudah sangat baik. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan, dari pra siklus 36,67% meningkat 36,66% menjadi 73,33% pada siklus 1. Siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10% menjadi 83,33% dan pada siklus 3 meningkat 3,33% menjadi sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode pembelajaran buzz group mampu meningkatkan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dan (2) Penerapan metode pembelajaran buzz group mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80672
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository