PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN BERMAIN BOLA DI TK DARUL AMIN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatan bermain bola untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I guru menerapkan kegiatan bermain bola dan membagi anak menjadi dua kelompok, sebelum bermain guru mejelaskan peraturan dan cara bermain bola kepada anak, dalam siklus I masih ada beberapa anak yang belum tuntas dalam melakukan kegiatan bermain bola, maka dari itu guru melakukan kegiatan yang sama di siklus II untuk mengoptimalkan pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II tidak jauh berbeda dengan siklus I, tetapi pada siklus II guru menjelaskan peraturan bermainnya dengan menggunakan circle time dan mengajak anak menirukan gerakan guru saat menjelaskan peraturan bermain. Guru juga memberikan tanda untuk setiap barisan anak dari nomer urut pertama sampai terakhir, serta guru memberikan reward kepada setiap anak berupa pensil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui kegiatan bermain bola, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 38,02, siklus I 69,79, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,06.
Berdasarkan temuan di atas, dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: (1) saran untuk guru; hendaknya mencoba melakukan kegiatan bermain bola dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar; (2) saran untuk kepala sekolah hendaknya memfasilitasi dan menyarankan kepada guru untuk membuat media pembelajaran yang lebih kreatif kepada anak; (3) saran untuk peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat dijadikan refrensi untuk melakukan peelitian yang sejenis guna menambah wawasan dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain bola.