• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMETIKA SOSIAL

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Dwi Suryanti - 130210101036_.pdf (5.204Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    SURYANTI, Putri Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setelah dilakukan analisis terhadap hasil tes, kemudian dilakukan wawancara dan didapatkan kesimpulan bahwa dari ketujuh indikator yang dirumuskan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa enam indikator dapat dipenuhi oleh siswa. Siswa mampu menganalisis informasi dan tujuan yang dimaksud oleh soal, hal itu tentu mengindikasikan bahwa siswa membaca dan memahami soal dengan seksama sehingga siswa mampu membuat analisa yang sesuai dengan soal yang diberikan. Dalam memberikan asumsi tentang persoalan, siswa juga mampu menanggapi apa yang dimaksudkan oleh soal dengan benar. Siswa mampu memberikan gambaran cara dan strategi yang akan digunakan untuk mencari solusi dari persoalan yang diberikan, sehingga asumsi yang telah dibuat oleh siswa dapat dijadikan acuan bagi mereka untuk melakukan rencana dalam menemukan solusi dari soal. Siswa juga dapat menentukan solusi dengan langkah-langkah yang teratur dan menggunakan cara yang mudah dipahami serta mampu untuk melakukan perhitungan dengan benar. Meski begitu siswa hanya menggunakan satu cara dalam menentukan solusi permasalahan, siswa tidak menuliskan alternatif cara lain untuk menemukan solusi yang dimaksudkan oleh soal. Siswa tidak menuliskan cara lain yang dapat digunakan untuk menentukan solusi namun setelah melakukan wawancara, siswa menyebutkan bahwa ada cara lain yang dapat digunakan untuk menemukan solusi persoalan, namun tidak digunakan dengan alasan waktu yang kurang sehingga peneliti menganggap bahwa siswa belum dapat menemukan dan menggunakan alternatif cara lain dalam menemukan solusi. Untuk indikator selanjutnya yaitu menuliskan solusi penyelesaian, semua siswa sudah mampu memenuhi indikator tersebut. Hal itu dibuktikan dengan memperhatikan lembar jawaban dan hasil wawancara dimana semua siswa mampu menyebutkan solusi dari persoalan yang diberikan dengan benar. Dalam menarik kesimpulan siswa juga memenuhinya dengan baik, semua siswa mampu memberikan kesimpulan yang sejalan dengan apa yang dimaksudkan oleh soal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A mampu untuk menganalisa soal dengan baik meskipun belum dapat menemukan alternatif penyelesaian lain dalam pekerjaannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80658
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository