PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUMBERSARI 03 JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IVA SDN Sumbersari 03 Jember meningkat selama proses penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe index card match. Persentase aktivitas belajar siswa
pada siklus I adalah 66,86% dengan kriteria cukup aktif mengalami peningkatan
pada siklus II menjadi 73,11% dengan kriteria aktif. Hampir semua indikator
mengalami peningkatan pada siklus II. Pada siklus I, indikator tertinggi yaitu
mencari pasangan kartu sebesar 76,51%, sedangkan pada siklkus II indikator
tertinggi yaitu memperhatikan penjelasan guru sebesar 78,03%. Hasil belajar
siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa
sebesar 71,66 dan meningkat pada siklus II menjadi 78,63. Saran yang diberikan
kepada peneliti lain berdasarkan hasil penelitian adalah guru harus menjelaskan
beberapa kali mengenai aturan dalam menemukan pasangan kartu sehingga siswa
memahami betul bagaimana cara yang dilakukan dalam menemukan pasangan
kartu.