PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK SMK PERKEBUNAN BERTEMAKAN KOPI DAN KAKAO.
Abstract
LKS dalam penelitian ini dikembangkan dengan berbasis model ProblemBased
Learning (PBL). Penerapan pembelajaran model PBL sangat erat kaitannya
dengan masalah praktis salah satunya tentang masalah kopi dan kakao. Tema kopi dan
kakao merupakan salah satu dari tujuh riset unggulan Universitas Jember karena
berada di wilayah potensial perkebunan kopi, dan memiliki rekam jejak yang baik
dalam pengajaran bidang perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengembangkan LKS dengan model Problem-Based Learning untuk SMK Perkebunan
bertemakan kopi dan kakao yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu: (i)
Penelitian Awal (Preliminary Research), (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase),
dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Hasil dari penelitian ini adalah skor hasil
validasi LKS dan lembar TPBA yang memenuhi kriteria valid, skor observasi aktivitas
guru yang memenuhi kriteria praktis, serta skor TPBA, skor observasi aktivitas siswa,
dan respon siswa yang memenuhi kriteria efektif.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]