PENGARUH HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN KABUPATEN LUMAJANG
View/ Open
Date
2017-04-03Author
Na'im, Mohammad
Swastika, Kayan
Ikasari, Rita Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hasil UKG
Sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMAN
Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam
bentuk korelasi dan bersifat ekspos fakto. Analisis data menggunakan teknik
analisis statistik Correlation dan analisis statistik Determination. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN Kabupaten Lumajang, dengan subyek penelitian guru
sejarah SMAN Kabupaten Lumajang yang berjumlah 11 responden. Hasil
penelitian secara garis besar dalam penelitian ini adalah hasil uji kompetensi guru
sejarah memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran sejarah dengan koefisien korelasi sebesar 0,612. Hasil uji kompetensi
guru sejarah juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah sebesar 37,5% dan sisanya 62,5% dipengaruhi variabel lain.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]