IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELAS B DI PAUD SARIN RARE MAS UBUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak TK B
PAUD Sarin Rare Mas Ubud melalui metode Mind Map dan untuk mendeskripsikan
respon anak terhadap implementasinya. Metode yang yang diimplementasikan dalam
penelitian ini adalah metode Mind Map yang ditujukan untuk meningkatkan
kemampuan bercerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 wanita. Objek
penelitian ini, yaitu: Mind Map, kemampuan bercerita dan respon anak. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Penelitian ini mengungkapkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi Mind Map
dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas,
Ubud. Terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak dari siklus I ke siklus II sebesar
10.09%. (2) Tanggapan anak anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas, Ubud terhadap
implementasi Mind Map sangat positif. Anak menyatakan senang mengikuti kegiatan
yang diberikan oleh guru.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]