Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik
Abstract
Learner atau pembelajar mulai menggunakan berbagai perangkat teknologi komunikasi bergerak yang terhubung
dengan internet dan menjadikan kecenderungan baru pembelajaran secara mobile dan biasa dikenal mobile
learning (m-learning). M-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi berbasis perangkat teknologi informasi bergerak. Pada konsep pembelajaran tersebut, M-Learning
memberikan manfaat tersedianya materi pelajaran yang dapat diakses setiap saat dengan menggunakan perangkat
komunikasi bergerak. Penyalahgunaan handphone oleh peserta didik tidak bisa dilihat kesalahannya selalu pada
peserta didik, tetapi bisa jadi karena kekurang menarikan pembelajaran dikelas sehingga peserta didik
mengalihkan perhatiannya. Selanjutnya menjadi tugas pendidik untuk dapat mengelola untuk dapat mengambil
efek positif dari penggunaan perangkat mobile dengan memberdayakan perangkat mobile menjadi media
pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam implementasi m-learning yang perlu menjadi pertimbangan yaitu
memperhatikan aspek efisiensi, efektifitas dan daya tarik dari m-learning tersebut. Secara keseluruhan efisiensi
diukur dengan rasio jumlah waktu, personalia dan biaya yang dibutuhkan. Sedangkan efektifitas pembelajaran
berhubungan dengan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Daya tarik pembelajaran dapat dilihat dari
ketertarikan dan kecenderungan siswa untuk melalui proses pembelajaran.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ROTE LEARNING AND MEANINGFUL LEARNING: A STUDY ON THE ENGLISH LANGUAGE LEARNING APPROACH OF THE STUDENTS OF 1998 ACADEMIC YEAR OF THE ENGLISH DEPARTMENT, FACULTY OF LETTERS, JEMBER UNIVERSITY
HABIBAH, YUHANIDZ NUR (2017-10-27)After analyzing the data of this thesis, it is necessary to make the conclusion of the whole thesis. As previously stated, this thesis discusses the approaches of learning that are used by the students of 1998 academy; ... -
Accelerated Learning Integrated by Discovery Learning in History Course: How Z Generation Learn
Safitri, Dyah Ayu; Umamah, Nurul; Sumardi, Sumardi (IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 243 (2019) 012151, 2018-11-17)This research is motivated by the characteristics of middle school students who are dominated by generation Z. The purpose of this study is to find out the results of the development of the Accelerated Learning Integrated ... -
Development of Mathematical Learning Tools through Discovery Learning Based on Lesson Study for Learning Community and their Influence with Students’ Problem Solving
TARAWIKHI, A; HOBRI, Hobri; PRIHANDOKO, Antonius Cahya; UTOMO, B.T (IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1211 (2019) 012082, 2018-11-24)Problem solving ability is one of the competencies that students must have to face various complex problems. However, in realit y, the students’ problem solving ability is still low.Therefore, this research aimed at ...