Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Batik Gajah Oling Di Virdes Batik Collection Banyuwangi
Abstract
Produk dan harga merupakan unsur dari marketing mix yang digunakan sebagai alat untuk menarik konsumen
dalam keputusan pembelian. Perusahaan harus lebih aktif dan kreatif serta inovatif untuk merebut pelanggan yang
semakin kritis. Produk batik menjadi trend dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Selain produk, harga
dari batik yang di ditawarkan oleh virdes batik collection kepada konsumen beraneka ragam sesuai dengan jenis
dan produknya, yang nantinya akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan marketing mix yang teriri dari dua indikator
yaitu produk dan harga terhadap keputusan pembelian batik gajah oling di virdes batik collection Banyuwangi.
Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area di Virdes Batik Collection di Jalan
Doktren Baitus Salam Simbar Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penentuan responden
dalam penelitian ini menggunakan metode aksidental sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis
inferensial yaitu dengan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F dan efektivitas garis
regresi/koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan marketing mix mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 79,6%, sedangkan sisanya yaitu 20,4% dipengaruhi oleh variabel
bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu tempat (place) dan promosi ( promotion) .
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]