PERANAN TELEPHONE OPERATOR DALAM MENUNJANG KELANCARAN OPERASIONAL DI HOTEL GOLDEN PALACE LOMBOK
Abstract
Departemen Front office adalah bagian hotel yang bertanggung jawab
untuk melayani tamu, baik itu sebulum check in dan pada saat check out.
Departemen Front office bertanggung jawab atas kenyamanan tamu, memberikan
kesan yang baik terhadap tamu, dan melayani dengan baik terlebih pada saat grup
dating bergelombolan untuk check in. departemen ini juga berkewajiban menjual,
memberikan informasi, dan melakukan promosi. Departemen Front Office juga
terbagi atas beberapa bagian yaitu Duty Manager, Front Office manager,
Supervisior E-commers, Reception, Reservation, Telephone Operator, dan bell
boy, yang memiliki tujuan memberikan kenyamanan terhadap tamu agar pada saat
mereka menginap serasa berada di rumah sendiri..
Peranan Telephone Opertor dalam menunjang kelancaran operasional
hotel salah satunya memudahkan para pelanggan untuk mendapatkan informasi
tentang harga kamar, fasilitas, serta acara apa saja yang ada dihotel pada saat itu.
Telephone Operator juga memudahkan sambungan untuk para staf yang ada di
hotel, karna dengan Telephone pekerjaan bias terkurangi, dan pekerjaan yang lain
bias segera di atasi, Telephone Operator juga berperan aktif dalam penjualan
karena dari telephone dan susunan kata yang baik bias menarik pelanggan agar bias menginap di hotel, oleh karena itu pekerja di Telephone Operator harusmemiliki skill lebih dalam berbicara terhadap tamu. Selain itu juga perlu adanyapenambahan karyawan pada Telephone Operator karena saat ini hanya memilikisatu pekerja dan bias menghambat pendapatan ketika pekerja di TelephoneOperator sedang tidak di tempat.