PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN VIDEO GAMES BERBASIS ASET TAMAN NASIONAL BALURAN DENGAN SISTEM ANDROID UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
Abstract
Pergeseran paradigma pendidikan di Abad 21 diperlukan suatu pembelajaran yang inovatif, kreatif dan produktif. Setelah dikembangkan bentuk video games berbasis TN Baluran dengan sistem android dan telah mendapatkan validasi baik maka dilanjutkan dalam penelitian pada tahun kedua dengan tujuan (1) mengembangkan perangkat pembelajaran video games berbasis TN Baluran dengan Sistem Android (2) Pengaruh penerapan video games berbasis TN Baluran dengan sistem android terhadap kecemasan siswa (3) Melakukan desiminasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg&Gall (1979) dengan tahapan studi lapangan, perencanaan, pengembangan dan validasi model. Pada tahun kedua ini fokus pada validasi model kepada 100 siswa di SMP lingkungan kabupaten Jember. Desain validasi model tersebut menggunakan metode  eksperimen  untuk  melihat  efektivitas  perangkat  pembelajaran  video games  berbasis  TN  Baluran.  Video  game  dengan  tema  yang  dikembangkan melalui lingkungan sekitar siswa memberikan tingkat kenyamanan siswa dalam belajar sehingga siswa yang terbiasa dengan lingkungan tersebut, hal ini membuat tingkat kecemasan siswa rendah. Kecemasan siswa yang rendah dalam mengikuti proses pembelajaran  memberikan hasil  belajar  yang  lebih  baik.    Video  game berbasis lingkungan sekitar ini mampu memperkecil gap yang timbul antara karakter pria dan wanita dalam hal pencapaian hasil belajar dan tingkat kecemasan siswa
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]