PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN TAMAN 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Taman 2 Bondowoso pada semester
ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V
dengan jumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I
dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
berbantuan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Siklus II
dilakukan dengan mengkaji hasil refleksi dari siklus I.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
berbantuan media gambar berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa
kekurangan dalam proses pembelajaran. Kekurangan yang ada pada siklus I yaitu
siswa masih menggunakan bahasa campuran antara bahasa daerah dengan bahasa
Indonesia dan kurangnya keberanian siswa dalam berbicara. Pada siklus II guru
melakukan tindakan perbaikan dengan memperbanyak contoh-contoh persoalan
dan peristiwa, mengatur pola maju siswa, pemberian hadiah, dan menjelaskan
tentang kriteria penilaian dalam keterampilan berbicara sehingga siswa dapat
menunjukkan keterampilan berbicaranya dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan
berbicara siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing berbantuan media gambar. Hal ini dapat diketahui dengan melihat nilai
rata-rata penguasaan aspek keterampilan berbicara. Nilai rata-rata sebelum
dilakukan tindakan sebesar 51,43, pada siklus I meningkat menjadi 60,25, dan
pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 72,87.