PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA UMKM KOPI
Abstract
Kopi merupakan salah satu minuman yang tersebar luas dan termasuk minuman yang mayoritas banyak diminum di dunia, bahkan saat ini kopi sudah menjadi gaya hidup. Banyak kedai-kedai yang bermunculan dan menawarkan berbagai macam varian kopi. Hal ini merupakan peluang yang besar bagi para pengusaha, terutama UMKM, penyedia produk kopi dalam mengenalkan dan memasarkan varian produk kopi yang dimiliki baik ke tingkat nasional maupun internasional. Permasalahan-permasalahan yang sering muncul pada pemasaran produk UMKM salah satunya adalah kurangnya informasi dan akses pemasaran ke pasar yang potensial. Strategi pemasaran yang efektif dan tepat sangatlah dibutuhkan, khususnya untuk UMKM penghasil produk kopi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Setelah data didapatkan, dilakukan analisa dengan menggunakan metode SOSTAC®. Dari analisa SOSTAC® yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, diperlukan suatu website untuk direktori mengenalkan UMKM yang bergerak di bidang produksi dan penjualan kopi di daerah Besuki Raya.