PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Cafe Kolong Jember)
Abstract
Cafe menjadi tempat berkumpul bagi para konsumen yang ingin rehat sejenak dari padatnya aktivitas, banyaknya cafe menjadikan persaingan bisnis didunia cafe, hal ini menyebabkan cafe perlu melakukan sebuah inovasi, inovasi yang dilakukan bermacam macam, mulai dari menciptakan suasana toko (Store Atmosphere). Store Atmosphere diterapkan karena store atmosphere dapat merangsang konsumen untuk melakukan pembelian dan berlama-lama di cafe tersebut, selain store atmosphere juga terdapat harga, karena harga yang terjangkau juga akan mempengaruhi keputusan pembelian. Cafe kolong diduga merupakan salah satu cafe di jember yang menggunakan store atmosphere dan juga harga, cafe kolong dipilih karena uniknya cafe, hal ini dapat dilihat dari tempat cafe yang berada di bawah jembatan jalan mastrip Jember. Selain store atmosphere dan juga harga, promosi Word Of Mouth (dari mulut kemulut) yaitu promosi yang secara tidak langsung dilakukan oleh konsumen yang berupa seringnya berbicara tentang masalah cafe mampu merangsang daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian disana.
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Store Atmosphere (X1), harga (X2) dan Word Of Mouth (X3) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen cafe kolong dengan jumlah sampel 60
orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa; 1) Store Atmosphere (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember); 2) Promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember); 3) Word Of Mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember); 4) Store Atmosphere (X1), harga (X2), dan Word Of Mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember).