PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA INSTAGRAM @MAKANANJEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) viral marketing terhadap kepercayaan konsumen, (2) viral marketing terhadap minat beli konsumen, dan (3) kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada Instagram @MAKANANJEMBER. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data Primer diperoleh dari penyebaran kuisioner secara online. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan, dalam hal ini kriteria pengambilan sampel dalam penelitian adalah followers instagram @MAKANANJEMBER dan berusia diatas 17 tahun keatas, sehingga jumlah sampel yang digunakan berdasarkan kriteria penelitian adalah 104 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung.
Hasil pengujian dan analisa data yang dilakukan dengan bantuan software SPSS v.20 menunjukkan bahwa variabel viral marketing berpengaruh signifikan
terhadap kepercayaan konsumen. Variabel viral marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Variabel kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah terbukti adanya pengaruh langsung yang signifikan antara viral marketing terhadap kepercayaan konsumen, viral marketing terhadap minat beli konsumen, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen pada instagram @MAKANANJEMBER.