• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    THE EFFECT OF ADAPTABILITY OF 2014 ACADEMIC YEAR INTERNATIONAL STUDENTS TOWARD THE LEARNING OF EFL IN ENGLISH DEPARTMENT FACULTY OF HUMANITIES JEMBER UNIVERSITY (Dampak dari Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Asing Angkatan 2014 terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    YUNIATRI INTAN KUSUMA NINGRUM.pdf (179.7Kb)
    Date
    2016
    Author
    INTAN KUSUMA NINGRUM, YUNIATRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pokok artikel ini ialah kemampuan beradaptasi mahasiswa asing angkatan 2014 di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Di dalam konteks proses pembelajaran, khususnya mahasiswa asing, kemampuan beradaptasi berperan penting karena memungkinkan mahasiswa asing tidak hanya belajar berinteraksi dengan teman-teman seangkatannya tapi juga mendorong mereka untuk memperoleh proses pembelajaran yang lebih baik. Dalam teori sosio-kultural milik Lev Vygotsky (1978) disebutkan jika aktivitas kognitif individu lebih banyak diperoleh melalui interaksi sosial dengan lingkungan sekitar bukan hanya mengandalkan kinerja otak individu itu sendiri secara neurobiologis. Selain kemampuan beradaptasi, artikel ini juga mengulas tentang ‘bakat berbahasa’ (language aptitude) dari mahasiswa Thailand tersebut. Pembahasan mengenai ‘aptitude’ ini didasari oleh asumsi mahasiswa Thailand tentang ketidakberhasilan mereka di dalam proses pembelajaran pada tahun pertama di Program Studi Sastra Inggris. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu (i) mengklarifikasi asumsi mahasiswa Thailand tentang ketidakberhasilan pembelajaran mereka melalui tes PLAB; dan (ii) mengetahui efek dari kemampuan adaptasi mahasiswa Thailand terhadap proses pembelajaran mereka. Selain teori sosio-kultural milik Lev Vygotsky, kajian ini juga didukung beberapa teori lain seperti ‘aptitude’ milik Paul Pimsleur. Hasil dari kajian ini ialah asumsi tentang ketidakberhasilan di dalam proses pembelajarn hanya terbukti pada dua mahasiswa asing perempuan. Sedangkan untuk mahasiswa laki-laki, asumsi tersebut sedikit merendahkan kemampuan berbahasanya. Selain itu, kemampuan beradaptasi ternyata memiliki dampak di dalam proses pembelajaran mahasiswa Thailand tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79243
    Collections
    • SRA-Humanities [343]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository