MODEL INOVASI SISTEM PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS FLOATING MARKET UNTUK PENCIPTAAN DAYA SAING
Abstract
Strategi sukses mengelola bank syariah dengan memfokuskan pada nasabah muslim dan non muslim. Hal ini diperkuat dengan kenyataan pada beberapa wilayah Indonesia, penduduk non muslimah yang merupakan mayoritas. Hal ini penting untuk dipertimbangkan terutama, menggagas kemungkinan penerapan strategi pengembangan bank syariah melalui peningkatan focus perhatian pada potensi nasabah non muslim (floating market). Mengidentifikasi perilaku spiritual dan floating market dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah berdasarkan sifat pribadi dan sosial adalah tujuan dari penelitian ini. Populasi penelitian adalah nasabah bank syariah yang terdapat di wilayah Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi dengan jumlah sampel 200 orang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa semua variabel Intangible dan tangible mempunyai pengaruh positip terhadap keuasan nasabah. Hal ini berarti bahwa pihak manajemen bank syariah dapat lebih meningkatkan unsur-unsur
kemampuan memenuhi hukum Islam dan operasinya berdasarkan prinsip ekonomi Islam.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]