PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP RESTORAN WARALABA IMPOR DI KABUPATEN JEMBER : KUALITAS PRODUK, KEPUASAN KONSUMEN DAN KESETIAAN MERK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen restoran waralaba impor di Kabupaten Jember merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan fenomenologi dan model analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yakni pengambilan sampel berdasarkan kriteria: konsumen sebagai peserta pengambilan keputusan membeli dan mengkonsumsi makanan di Kentucky Fried Chicken dan California Fried Chicken. Jumlah sampel sebanyak 50 orang sebagai responden. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder yang didapat dengan teknik kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelian konsumen lebih banyak diinisiasi dan diputuskan oleh teman konsumen, meskipun diri konsumen sendiri maupun koleganya juga ikut berperan dalam memutuskan pembelian. Konsumen secara berkelompok antara 2 – 4 orang mendominasi dalam setiap kali pembelian. Kinerja kualitas produk yang dipersepsikan baik sesuai dengan harapan konsumen disebabkan karena menu yang disajikan sesuai dengan standar kualitas, termasuk kesesuaian dengan yang dipromosikan; menu makanan enak, sajian baik, cepat dan rasa yang memuaskan dan konsumen mempunyai inisiatif untuk membeli ulang sebagai akibat layanan yang memuaskan.
Collections
- LRR-Hibah Fundamental [144]