PERAN PUBLIC RELATIONS PADA PERUSAHAAN PT INDOSAT OOREDOO DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT. Indosat Ooredoo Cabang Jember. Jenis
penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, tujuan penelitian
adalah untuk mendeskripsikan peran public relations pada perusahaan PT Inodosat
Ooredoo di Jember. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi,
dokumentasi, dan triangulasi. Tahap analisis data menggunakan analisis domain dan
taksonomi yang berguna untuk memilah-milah dan memfokuskan data yang
dibutuhkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Relations pada PT. Indosat
Jember memiliki aktivitas yang dapat mendatangkan kegiatan komunikasi dan
transformasi informasi yang dibutuhkan perusahaan. Aktivitas Publik Relations dapat
memberikan suatu feed back kepada publiknya atas kontribusi yang telah mereka
berikan kepada perusahaan. Public Relations berperan dalam membina hubungan
yang harmonis antara perusahaan dengan public internal dan eksternal. Ini berarti
Public Relations bersifat dua arah yaitu berorientasi ke dalam (in word looking), dan
keluar (out word looking) peran Public Relations ke dalam berkaitan dengan public
internal perusahaan yaitu karyawan keluarga karyawan dan pimpinan. Peran Publik
Relations keluar berkaitan dengan public eksternal yaitu klien, masyarakat, media
massa, pemerintah dan kalangan akademik. Adanya hubungan yang harmonis
membuat membuat perusahaan mendapat dukungan dari publiknya sehingga dapat
membantu memperlancar pelaksanaan kegiatan dengan efektif dan efisien. Masalah
eksternal yang sering dihadapi yaitu bagaimana publik relations mengkomunikasikan
suatu pesan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan sponsorship kepada konsumen
sehingga terciptanya image positif tentang PT. Indosat Jember khususnya
pelaksanaan kegiatan sponsorship.
Kesimpulannya adalah Peran Public Relations PT. Indosat Jember bertujuan
untuk membantu fungsi manajeman dalam berkomunikasi dengan public internal dan
public eksternal yang dapat menunjang keberhasilan semua bidang yang ada dalam
perusahaan. Peran public relations sebagai building corporate identity and image
serta sebagai facing crisis terbukti dari opini masyarakat terhadap PT Indosat
Ooredoo di Jember dari segi pelayanan dan fasilitas produk yang diberikan. Pihakpihak
yang berperan dalam membantu program publik internal perusahaan
diantaranya, pimpinan, staf manajemen, dan seluruh karyawan PT. Indosat Jember.
Pihak-pihak yang berperan dalam membantu program publik eksternal perusahaan
diantaranya, pelanggan/pengguna, masyarakat sekitar, lembaga pendidikan, instansi
pemerintah, perusahaan swasta, dan event organizer.
Saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi PT. Indosat Jember
demi keberhasilan public Relations dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan PT.
Indosat Jember adalah kedepannya perlu diadakan pemisahan antara public Relations
dengan sales area manager menjadi public relations sebagai divisi khusus. Sehingga
divisi tersebut ini benar-benar dapat menjalankan tugasnya dalam mempertahankan
citra perusahaan serta dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada public
sasarannya secara maksimal