• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Brainstorming dengan Media Film dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Irene Selvia Dewi.pdf (3.372Mb)
    Date
    2017-01-25
    Author
    Dewi, Irene Selvia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pergeseran paradigma pembelajaran membuat pembelajaran yang bersifat behavioristik berubah ke pembelajaran konstruktivistik, sehingga pembelajaran yang terfokus pada pendidik bergeser ke pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Akan tetepi pada kenyataan yang ada di sekolah, masih banyak pendidik yang menerapkan pembelajaran yang bersifat behavioristik. Pendidik masih cenderung menerapkan metode konvensional terutama pada pembelajaran sejarah. Hal ini berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang rendah. Pembelajaran sejarah merupakan yang banyak terdapat konsep-konsep penting, luas, dan bersifat hafalan. Oleh karena itulah pendidik harus dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. Begitu halnya pada peserta didik kelas XI IPS 2MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016, mengalami beberapa permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pendidik menerapkan pembelajaran Brainstorming dengan menggunakan media film. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapakah penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan media film dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahap tiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Siklus I kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 66,39% termasuk kategori cukup. Siklus II kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 73,20% termasuk kategori tinggi. Siklus III kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal sebesar 78,61% termasuk kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 64,17. Siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 70,36%. Siklus III ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek kognitif secara klasikal sebesar 77,03%. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis hasil belajar pada pembelajaran sejarah dengan penerapan metode Brainstorming dengan media film pada peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Bondowoso tahun ajaran 2015/2016 yaitu dengan pelaksanaan siklus I, siklus II dan siklus III. Jadi, dengan penerapan metode Brainstorming dengan media film dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79156
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository