• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Komunikasi Pemasaran Pengrajin Batik Tuban Dalam Rangka Mengembangkan Desa Wisata Batik di Kabupaten Tuban Jawa Timur

    Thumbnail
    View/Open
    FULL PAPER_YUSLINDA DWI HANDINI.pdf (411.7Kb)
    Date
    2017-01-24
    Author
    Handini, Yuslinda Dwi
    Wahjuni, Sri
    Khristianto, Wheny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang mempunyai keanekaragaman budaya dan juga memiliki potensi pariwisata yang dapat dijadikan peluang bisnis untuk mensejahterakan masyarakatnya, salah satunya adalah industri batik yang sedang berkembang yaitu batik Tuban. Industri batik di Kabupaten Tuban saat ini terkonsentrasi di wilayah Kecamatan Kerek yang merupakan pusat produksi perbatikan dan di beberapa desa di wilayah tersebut telah dicanangkan oleh pemerintah daerah sebagai desa wisata Batik Tuban. Hal terpenting yang dilakukan pemerintah daerah dan para pengrajin batik Tuban adalah pada pemasaran batik Tuban yang belum optimal. Hal ini berkaitan dengan keberadaan desa wisata batik Tuban agar lebih berperan dan menjalankan fungsinya terutama dalam memasarkan produknya dan mengembangkan motif/produknya agar dapat memenuhi permintaan dan keinginan pasar/konsumen yang semakin bervariatif. Tujuan utama penelitian ini adalah melakukan identifikasi kegiatan komunikasi pemasaran desa wisata batik Tuban dan menyusun rancangan model pengembangan kegiatan komunikasi pemasaran pada desa wisata batik Tuban. Pada penelitian ini analisis dilakukan secara berkelanjutan yang meliputi evaluasi dengan pendekatan retrospektif dan prospektif. Berdasarkan identifikasi kegiatan komunikasi pemasaran pada pengrajin batik Tuban teridentifikasi bahwa pengrajin batik Tuban telah melaksanakan elemen-elemen kegiatan komunikasi pemasaran antara lain periklanan, penjualan pribadi, pemasaran langsung, promosi penjualan dan publisitas. Namun dalam pelaksanaannya terbagi menjadi beberapa kategori atau karakteristik yaitu sangat aktif, aktif, pasif dan stagnan. Berdasarkan karakteristik/kategori pengrajin batik Tuban tersebut maka dirancang model pelaksanaan kegiatan komunikasi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik pengrajin batik Tuban dan disinergikan dengan peran pemerintah, BUMN dan Swasta sehingga pelaksanaan komunikasi pemasaran menjadi lebih optimal dalam mengembangkan desa wisata Batik di Kabupaten Tuban Jawa Timur.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79142
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7388]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository