Peran Kepala Sekolah Tingkat SMA terhadap Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dalam Upaya Pencegahan HIV-AIDS (Studi Kualitatif pada SMA Kabupaten Jember) The Role of Head High School Level Against Establishment of Information and Counseling Center in the Prevention of HIV-AIDS (A Qualitative Study on Senior High Schools of Jember Regency)
Abstract
Kepemimpinan pendidikan merupakan pemimpin pada suatu lembaga pendidikan tanpa kehadiran pemimpin
proses pendidikan termasuk pembelajaran tidak akan efektif. Pedidikan akan menjadi tidak terkoordinasi baik dari
jajaran guru, staf ataupun siswa, lembaga pendidikan tanpa adanya pemimpin maka tidak akan terselenggaranya
tugas fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah. Oleh karena itu, peran kepala sekolah terhadap semua proses yang
terjadi dalam sekolah menjadi paling utama khususnya tentang upaya pencegahan HIV-AIDS di sekolah. Minimnya
informasi dan pengetahuan tentang HIV, NAPZA, dan kesehatan reproduksi yang dimiliki dapat menyebabkan remaja
melakukan perilaku berisiko. PIK-R bertujuan agar mampu meminimalisir perilaku berisiko di kalangan remaja
dengan memberikan informasi yang benar tentang NAPZA, KRR dan HIV serta memberikan pelayanan informasi
dan konseling bagi siswa melalui pendidik teman sebaya. Tujuan dalam pnelitian ini mendeskripsikan
bentuk peran pimpinan sekolah tingkat SMA sederajat terhadap pembentukan PIK-R dalam upaya pencegahan HIVAIDS.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi.
Informan dipilih dengan secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah akan mengambil
langkah pembentukan PIK-R di sekolah di tahun ajaran baru 2016-2017 sehingga harapannya dapat mengendalikan
kenakalan remaja serta hal tersebut masih bersifat himbauan dari instansi yang menjadikan pembentukan PIK-R
sebagai sarana dalam pemberian pengetahuan dan pemahamam terhadap remaja terkait dengan NAPZA, KRR dan
dalam upaya pencegahan HIV-AIDS pada generasi muda
Collections
- SRA-Medical [429]