• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repepetition (Air) Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 SMA NEGERI Kunir Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Rani Wuri Palupi _1.pdf (2.774Mb)
    Date
    2017-01-20
    Author
    ADITIYA, Reny Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir dianggap menjadi pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan oleh peserta didik. Pendidik yang sering menggunakan metode konvensional dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan aktivitas selama proses pembelajaran cenderung pasif dan hasil belajar peserta didik yang masih belum optimal. Penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, melatih keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya, serta membantu peserta didik lebih memahami materi yang telah dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir tahun ajaran 2015/2016; (2) apakah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk menganalisis peningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir dengan menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media pembelajaran video; (2) untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir dengan menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media pembelajaran video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 sebesar 66,35% meningkat 13,63% pada siklus 2 sebesar 75,40%. Siklus 3 sebesar 79,32% meningkat 5,19% dari aktivitas siklus 2. Peningkatan hasil belajar sejarah dinilai dari tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus 1 sebesar 75,67% meningkat 7,14% pada siklus 2 menjadi 81,08%. Siklus 3 sebesar 86,48% meningkat 6,66% dari hasil belajar kognitif siklus 2. Peningkatan hasil belajar afektif dari siklus 1 sebesar 64,45%, meningkat 10,90% pada siklus 2 menjadi 71,48%. Siklus 3 sebesar 80,27% meningkat 12,29% dari hasil belajar aspek afektif siklus 2. Peningkatan hasil belajar psikomotor dari siklus 1 sebesar 57,93%, meningkat 18,67% pada siklus 2 menjadi 68,75%. Siklus 3 sebesar 77,02%. meningkat 12,02% dari hasil belajar aspek psikomotor siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Kunir Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016; (2) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Kunir Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79004
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository