• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat dan membukukan jurnal penyesuaian Semester Genap SMK 17 Agustus 1945 Genteng Tahun Ajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    Rendra Eka Novianto_1.pdf (3.685Mb)
    Date
    2017-01-20
    Author
    Novianto, Rendra Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli) merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan, sehingga siswa yang memiliki kemampuan lebih bertanggung jawab terhadap siswa yang memiliki kemampuan kurang. Dalam model pembelajaran Jigsaw siswa ditempatkan dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 siswa dan perwakilan kelompok untuk menjadi kelompok ahli, untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran. Adapun langkah-langkah dari model pembelajaran Jigsaw dalam penelitian ini yaitu 1) Siswa dibagi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang). 2) Materi pelajaran diberikan kepada siswa yang telah dibagibagi menjadi beberapa sub bab. 3) Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya. 4) Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari subbab yang sama bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikannya.5) Setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya. 6) Pada pertemuan dan diskusi kelompok asal, siswa dikenai tagihan berupa kuis individu.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 semester genap SMK 17 Agustus 1945 Genteng tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Skor kreativitas belajar siswa yaitu Aspek siswa memiliki rasa ingin tahu meningkat dari siklus I yaitu 2,00 menjadi 2,59 pada siklus II. Siswa sering mengajukan pertanyaan yang membangun juga sama yaitu dari siklus I sebesar 2,14 menjadi 2,27 pada siklus II. Siswa memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah juga sama yaitu dari siklus I sebesar 1,91 menjadi 2,45 pada siklus II. Siswa mampu menunjukkan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu juga sama yaitu dari siklus I sebesar 2,00 menjadi 2,32 pada siklus II. Siswa mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan juga sama yaitu dari siklus I sebesar 1,59 menjadi 2,18 pada siklus II. Terlihat bahwa total skor kreativitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 9,64 meningkat ke siklus II sebesar 11,82, dari kategori kreatif menjadi sangat kreatif. Hal ini ditunjukkan dari keberhasilan belajar siswa pada siklus I yang mencapai hasil belajar dengan rata-rata sebesar 79,50 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II mencapai 89,14. Model pembelajaran Jigsaw ini menjadikan siswa lebih kreatif dan partisipasi siswa dalam kelompok meningkat sehingga hasil belajarpun meningkat. Oleh karena itu model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan kreativitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79002
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository